• Sat. Jul 13th, 2024

6 Keunggulan Penggunaan Kertas Serut untuk Mengirim Barang

ByYunita

Oct 2, 2023

Kertas serut atau shredded paper merupakan salah satu bahan yang kerap digunakan dalam pengemasan barang. Meskipun hanya sekadar kertas, namun penggunaan shredded paper juga sudah terbukti ampuh dalam menjaga barang kiriman dari potensi kerusakan. Berikut adalah 6 keunggulan dari kertas serut yang bisa jadi alasan mengapa Anda harus menggunakannya.

1. Bisa Melindungi Barang yang Dikirim

Saat pertama kali mendengar penggunaan kertas serut atau shredded paper sebagai bahan untuk mengemas barang, mungkin Anda akan merasa ragu mengingat kertas yang sifatnya ringan dan mudah robek. Namun ternyata, kertas serut yang dipakai dalam jumlah banyak untuk mengemas barang, bisa meminimalisir kerusakan barang akibat guncangan yang muncul saat barang berada di perjalanan.

Saat mengemas barang untuk dikirim dengan jasa pengiriman barang, kertas serut akan dijadikan sebagai alas permukaan kotak atau boks pengiriman. Sesudahnya, barulah barang yang akan dikirim ditaruh di atas tumpukan kertas serut tersebut. Kertas serut kemudian ditambahkan kembali untuk mengisi ruang yang kosong di dalam kardus, sehingga barang jadi tidak mudah bergeser.

2. Penggunaannya Mudah dalam Mengemas Barang

Seperti yang disebutkan sebelumnya, mengemas barang yang akan dikirim dengan kertas serut terbilang begitu mudah. Anda tidak butuh gunting ataupun selotip layaknya mengemas barang dengan bubble wrap atau air pillow, karena kertas serut yang telah disediakan bisa langsung ditaruh ke dalam kardus atau boks berisikan barang yang dikirim dengan jasa pengiriman barang nantinya.

Kemudahan dalam mengemas barang menggunakan kertas serut ini tentu akan menghemat waktu Anda. Bagi Anda yang menjalankan bisnis atau usaha, maka Anda bisa memanfaatkan lebih banyak waktu untuk melakukan keperluan lain di samping mengemas barang yang akan dikirim pada para pembeli.

3. Hemat Biaya karena Bisa Dibuat Sendiri

Bagi Anda yang ingin hemat pengeluaran untuk mengemas barang kiriman, maka kertas serut merupakan salah satu solusi yang bisa Anda pilih. Bagaimana tidak, kertas serut ini bisa Anda buat sendiri di rumah dari sisa-sisa kertas, koran, atau majalah yang tidak terpakai di rumah Anda. Jadi, Anda tidak perlu keluar biaya tambahan lagi untuk membeli bahan untuk mengemas barang.

Cara pembuatan kertas serut ini pun sangat mudah. Anda bisa potong kertas dengan pola kecil memanjang. Jika sudah terkumpul banyak, kertas serut itu nantinya bisa langsung digunakan. Kertas yang tadinya tidak terpakai dan hanya menumpuk bisa Anda manfaatkan untuk kebutuhan lain, yang membuat Anda bisa jadi lebih hemat.

4. Bobotnya Ringan Tidak Menambah Berat Barang

Selain bubble wrap dan air pillow, kertas serut merupakan pilihan tepat untuk Anda dalam mengemas barang, tanpa meningkatkan bobot dari paket barang yang akan dikirim dengan jasa pengiriman barang nantinya. Alasannya tentu saja karena bobot kertas serut yang sangat ringan, bahkan jika Anda menggunakannya dalam jumlah yang lumayan banyak.

Dengan bobotnya yang ringan ini, penggunaan kertas serut untuk mengemas barang tidak akan menyebabkan naiknya ongkos kirim karena bobot barang yang dikirim juga makin berat. Jadi, Anda bisa isi paket dengan sebanyak mungkin barang yang ingin dikirim, karena bobotnya tidak akan terpengaruh oleh penggunaan kertas serut tersebut.

5. Membuat Isi Paket Terlihat Lebih Estetik

Salah satu alasan mengapa orang-orang lebih memilih untuk menggunakan kertas serut untuk mengemas barang adalah karena bentuknya yang lebih estetik atau indah. Kertas serut bisa terbuat dari kertas berbagai warna, sehingga menambah kesan unik dan estetik dari bahan pengisi ruang di dalam paket barang tersebut.

Atas dasar keestetikannya inilah, kertas serut kerap menjadi pilihan bagi orang-orang yang ingin mengemas barang untuk keperluan hadiah ataupun berjualan, terutama sekali barang berupa pecah belah, aksesori, maupun perhiasan. Bagi Anda yang kebetulan memiliki usaha dagang produk-produk tersebut, yuk bikin paket lebih estetik dengan memanfaatkan kertas serut.

6. Bisa Digunakan Kembali untuk Mengemas Barang

Kertas serut yang Anda dapatkan dari paket barang yang diterima dari jasa pengiriman barang, bisa Anda gunakan kembali untuk mengemas barang. Asalkan kondisinya masih bagus, Anda bisa memanfaatkan kertas serut tersebut untuk mengemas barang, sehingga kertas serut tidak akan memakan tempat di rumah ataupun terbuang begitu saja.

Namun, sebelum menggunakan kertas serut tersebut untuk kedua kalinya, plastiknya tidak ada debu atau kotoran yang menempel di kertas serut tersebut. Sebaiknya Anda simpan kertas serut yang didapatkan sebelumnya di tempat khusus, sehingga kondisinya akan tetap baik saat dipakai untuk mengemas barang kembali.

Kertas serut merupakan salah satu opsi bahan pengemasan barang yang ringan, mudah didapatkan, serta mudah untuk digunakan. Meskipun hanya sekadar kertas, namun penggunaan kertas serut bisa menjaga keselamatan barang yang dikirim. Jika barang sudah selesai dikemas dengan kertas serut, Anda bisa kirim dengan jasa pengiriman barang terbaik, posaja.co.id.

By Yunita