Berikut Ciri-ciri Jurnal Internasional yang Wajib Dipahami

Seperti diketahui jurnal internasional merupakan sebuah forum yang memang diakui secara internasional untuk melakukan publikasi jurnal. Adapun jurnal internasional ini biasanya banyak dijadikan oleh para mahasiswa untuk referensi saat membuat sebuah karya ilmiah.

Para mahasiswa menggunakan bahan referensi dari jurnal internasional terbaru. Adapun mahasiswa ini umumnya melakukan download jurnal internasional untuk referensi yang tujuannya tentu untuk berbagai kebutuhan salah satunya untuk karya ilmiah saat ingin mendapatkan beasiswa luar negeri misalnya. Status jurnal tentu lebih tinggi jika dibanding penulisan ilmiah akademik, digunakan oleh para dosen dan peneliti sebagai karya ilmiah.

Ciri Jurnal Internasional

Untuk Anda yang ingin menggunakan jurnal internasional sebagai sumber referensi. Berikut ini beberapa ciri jurnal internasional yang wajib diketahui.

1. Punya Kaidah Penulisan Ilmiah

Yang pertama tentu saja jurnal internasional menggunakan kaidah penulisan ilmiah yang baku dan juga menggunakan bahasa baku. Saat ini banyak sekali contoh-contoh jurnal PDF yang masih ditulis dengan bahasa tidak ilmiah.

Jurnal seperti ini tidak bisa Anda jadikan sebagai referensi karya ilmiah tapi majalah umum saja.

2. Menggunakan Bahasa Internasional

Adapun jurnal internasional maka isinya menggunakan bahasa internasional yang memang disetujui oleh banyak negara. Untuk menjadikan suatu bahasa menjadi bahasa internasional memiliki proses yang panjang dan harus dipelajari di banyak negara agar tidak hanya di satu negara saja.

Beberapa bahasa internasional yang banyak dipakai pada jurnal internasional adalah bahasa Inggris, bahasa Rusia, Tiongkok, Arab, Spanyol dan Perancis yang sudah disetujui oleh PBB. Bahasa internasional umumnya digunakan untuk urusan luar negeri, perdagangan, diplomasi dan surat-menyurat.

3. Terdaftar ISSN

Ciri berikutnya untuk mengetahui sebuah jurnal apakah merupakan jurnal internasional adalah dengan melihat apakah jurnal tersebut terdaftar ISSN atau International Standard Serial Number. ISSN adalah nomor unik yang digunakan publisher journal agar bisa membedakan antara jurnal yang satu dengan jurnal lainnya.

Adapun jurnal internasional yang resmi pasti sudah memiliki ISSN. Bahkan nomor ISNN ini berbeda untuk versi digital dan juga versi cetaknya. Jadi untuk ISSN versi digital dan versi cetak memiliki dua serial number.

4. Diterbitkan Secara Online

Kemudian ciri berikutnya yang bisa dilihat apakah sebuah jurnal merupakan jurnal internasional adalah dilihat dari penerbitannya. Jurnal internasional biasanya harus terbit secara online untuk memudahkan persebaran jurnal meluas ke semua negara.

Adapun penyebaran secara online ini juga memudahkan orang-orang untuk mengetahui perkembangan penelitian di setiap negara. Adanya jurnal versi online juga dapat mengurangi kesamaan penelitian 1 dan lainnya.

Pastikan untuk memilih website yang tepat saat akan mencari jurnal internasional. Sebab tidak semua website menyediakan jurnal tersebut. Website-website tertentu saja yang bisa menampilkan daftar jurnal internasional yang terjamin keasliannya.

5. Penulis Dari Banyak Negara

Terakhir, jurnal internasional memiliki ciri yaitu penulis dari jurnal ini berasal minimal dari dua negara yang berbeda. Misalnya penulis jurnal pertama berasal dari Malaysia lalu yang kedua dari Indonesia. Jika sudah begini maka jurnal tersebut merupakan jurnal internasional.

Untuk Anda para mahasiswa atau siapapun yang membutuhkan jurnal internasional baik untuk karya ilmiah maupun penelitian dan juga berbagai tujuan lainnya maka wajib download jurnal internasional di website yang tepat. Anda bisa ke website dunialiterasi.com, dimana website ini menyediakan jurnal internasional terbaru.

Terdapat tutorial step by step yang membantu Anda untuk lebih mudah dalam download jurnal. Apalagi yang baru pertama sekali menggunakan jurnal internasional dan tidak tahu cara download ataupun menemukan website jurnal asli.